Tips membuat Profil Au Pair yang Menarik

Tips membuat Profil Au Pair yang Menarik

Banyak sekali pertanyaan yang aku terima mengenai pembuatan profil Au Pair yang menarik Host family. Pembuatan profil Au Pair itu membutuhkan waktu yang cukup lama karena kamu harus menulis hal – hal yang menarik dari dirimu yang bisa di ‘jual’ ke host family. Ingat! host family pada akhirnya akan mempercayakan kamu untuk mengurus anak – anak mereka, pastinya mereka akan mencari au pair yang terbaik di antero jagat raya ini. Oleh karena itu, kamu harus memperlihatkan bahwa kamu itu spesial, beda dari yang lainnya serta dapat mengurus anak – anak mereka nantinya dengan sangat baik.

Walaupun nantinya aku bakal berikan contoh profil yang oke, jadikanlah itu pedoman tapi jangan blak – blakan di copy-paste ke profil kamu. Gak lucu kan jika host family menemukan profil au pair yang isinya sama persis? Jadi, tulislah apa yang sesui dengan diri kamu dan buatlah profil au pair kamu secara personal dan unik.

Karena aku dapat kedua host family di Belanda and Norwegia dari website Au Pair World, aku akan share ke kamu how to make a great Au Pair Profile di website ini.

Perkenalkan diri

Ini adalah section yang sangat penting dalam profil. Seperti First Impression lah. Kalo dari awal gak menarik, host family gak akan mau  membaca profil kamu lebih lanjut. Buatlah perkenalan diri yang singkat, padat, jelas dan menarik pastinya. Contoh :

“Hi, my name is Arista from Bali, Indonesia. I am currently enrolled in bachelor’s degree of Psychology at ABC University and busy doing my bachelor thesis. I am very interested to be an au pair because I really want to learn new culture, language, traveling around and pursue master’s degree as well later. Please feel free to look on my profile below to get to know me better”

Pasang Foto dengan Anak – Anak

Hindari memasang foto alay kita walaupun kita merasa cantik banget di foto itu. Ini bukan website untuk mencari pasangan atau menjadi model tapi website untuk mencari keluarga baru. Oleh karena itu, kamu harus memasang foto – foto yang memperlihatkan jika kamu itu suka bermain dengan anak – anak dan pastinya terlihat ramah. Pasang foto senyummu, jangan manyun, no duck face picture please, atau foto jual mahal (foto muka seksi). Yang ada nanti host mom kamu merasa tersaingi.

Selain foto dengan anak – anak, kalian juga bisa pasang foto wisuda, foto dengan keluarga dan teman – teman serta foto saat kamu melakukan hobimu. Misalnya kamu suka melukis, bisa banget pasang foto pas kamu lagi melukis. Biasanya host family akan berpikiran kalo kamu itu multi-talented jika punya banyak hobi.

Tell them, your best personality

Section ini tuh penting banget dan harus kita gunakan sebaik mungkin untuk menjelaskan siapa kita! Host family tentunya ingin mencari Au Pair dengan kepribadian yang baik dan unik. Kamu bisa jelaskan jika kamu itu mandiri, open minded, ramah dan humoris.

I am very independent, open minded, friendly, and funny. I moved out from my parent’s house in Bali after graduated from high school and live in Jakata with my own to do my bachelor’s degree. My friends told me that I could make new friends easily as well as making them laugh with my weird jokes. I am an expert to break the ice with new people. So I am sure that it won’t take a long time to make your children like me 😊

Cerita Keluarga Bahagia

Host family juga ingin mengetahui latar belakang keluarga kamu. Di section ini kamu diminta untuk menjelaskan mengenai keluarga kamu seperti jumlah saudara, pekerjaan orang tua, dimana kamu tinggal. Karena kedua orang tuaku pengusaha, dulu aku nulis kaya gini di profil Au Pair aku :

Both of my parents are entrepreneurs. My dad has a small batik factory and my mom has some restaurants in Bali. Thus, I can always cook the best Indonesian foods for you because I have a great recipe from my mom.

Jadi selain menjelaskan tentang keluarga, kalian juga bisa menjelaskan apa yang bisa kalian lakukan untuk mereka. Contoh diatas itu seakan memberikan gambaran ke host family jika kita juga ingin mempekenalkan budaya dan makanan Indonesia ke mereka dan pastinya mereka akan  tertarik kan?

Latar Belakang Pendidikan

Disini kamu harus jelaskan Pendidikan terakhirmu itu apa. Pada umumnya, host family lebih memilih Au Pair yang memiliki Pendidikan S1 daripada SMA karena mereka berpikiran bahwa Au Pair dengan Pendidikan S1 itu lebih dewasa, matang dan berpendidikan. Jelaskan juga jurusan atau fakultas apa yang kamu pilih dan kenapa kamu memilih jurusan itu.

Jelaskan Hobi

Sebutkan apa yang kamu sering lakukan di waktu luang atau hobi kalian ke host family. Disini, kamu harus memperlihatkan jika kamu itu aktif dan multitalented. Karena hal ini akan mempermudah host family untuk lebih mengenal kamu.

I love travelling and photography so much. You could see some of my travel picture on my website here www.aristakusumastuti.com and I will be happy to make some nice pictures for your family later on. Besides that, I also like to paint, hiking as well as yoga. I was hiking the highest mountain in Bali and it was amazing because I felt like standing above the cloud.

Jangan cuma disebutin aja hobinya, tapi juga jelaskan kenapa kamu suka hobi itu dan seahli apa kamu dengan hobimu

Pengalaman dengan anak – anak

Kamu bisa ceritakan tentang pengalaman kamu dengan anak – anak misalnya kamu pernah bantu ibu untuk mengasuh adik, jagain keponakan atau anak tetangga, dan lain sebaginya. Ini gak cuma pengalaman mengasuuh aja loh. Jika kamu punya pengalaman sebagai relawan dengan anak – anak (bermain dan mengajar), jangan lupa untuk ditulis. Ini akan menggambarkan kalo kalian suka anak – anak dan punya banyak ide untuk bermain dan menghabiskan waktu dengan mereka.

Di area ini kamu juga bisa ceritakan beberapa kegiatan – kegiatan yang kamu biasanya lakukan dengan anak – anak, seperti menggambar, bermain bola, menari, dan lainnya. Jelaskan sedetail mungkin jika pengalaman kamu dengan anak – anak bisa membantu kamu untuk mengurus anak – anak host family dengan baik nantinya.

Kemampuan Bahasa

Nah disini kamu dituntut untuk menuliskan kemampuan bahasa kamu. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris itu sangat penting hukumnya untuk menjadi Au Pair. Kamu gak perlu punya sertifikat IELTS/TOEFL untuk jadi Au Pair karena yang penting itu kamu bisa beromunikasi dengan lancar dan mengerti satu sama lain. Host family biasanya mengecek kemampuan Bahasa Inggris kamu ketika wawancara apakah kamu itu nyambung atau enggak pas ngobrol.

Bila kamu merasa Bahasa inggris kamu gak sempurna, kamu juga bisa bilang ke host family jika au pair merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Bahasa Inggrismu. Kamu juga bisa tulis kalau kamu sedang belajar bahasa negara yang kamu jadikan au pair di kolum ini. Jadi, kamu dapat memperlihatkan kemauan untuk mempelajari bahasa baru.

Motivasi Jadi Au Pair

Ini adalah kesempatan kamu untuk menjelaskan kenapa kamu mau jadi Au Pair. Tell your big dream! Misalnya jika kamu ingin jalan – jalan keliling eropa, punya teman baru dari berbagai penjuru dunia, melanjutkan kuliah, belajar bahasa dan budaya baru, dll. Dengan demikian, host family akan merasa bahagia untuk menerima kamu sebagai Au Pair mereka karena secara tidak langsung mereka ikut membantu untuk mewujudkan mimpimu.

Jika motivasi kamu hanya untuk mencari uang atau mencari pacar, it will be great if you don’t write it on your profile. Biasanya host family menghindari au pair – au pair yang memiliki tujuan tersebut. Mereka takut au pairnya gak fokus ngurusin anak tapi fokus pacaran.

Ekpetasi Jadi Au Pair

Ini pada dasarnya hampir sama dengan motivasi jadi au pair. Kalian bisa baca 12 manfaat Au Pair disini untuk mendapatkan inspirasi apa yang bisa kamu tulis di bagian ini. Saran aku sih kamu bisa kasih tau tetang personal improvement yang ingin kamu capai setelah jadi au pair, misalnya menjadi lebih open minded, mandiri dan knowing the best parenting for your future children.

Informasi krusial tetang kamu

Au Pair World itu baik banget karena memberikan kamu kesempatan untuk memberi tahu host family tentang hal paling krusial tentang dirimu. Misalnya kalian bisa tulis tentang alergi kalian atau jenis makanan yang hanya bisa dan tidak bisa kalian makan (no pork/vegetarian/vegan).

Proaktif mencari Host family

Punya profil yang bagus tapi gak aktif memperkenalkan diri ke host family yang tersedia di website itu sama dengan bohong karena banyak sekali orang yang ingin jadi Au Pair di dunia ini. Saingan kamu itu enggak cuma dari Indonesia, tapi dari seluruh penjuru dunia, jadi STAND OUT and LET THEM KNOW if you are EXIST! Bagaimana host family tau jika kamu ada, jika kamu gak kasih tau mereka jika kamu tertarik jadi au pair mereka? You get my point ya?

Enaknya di Au Pair World itu, kamu bisa message host family secara langsung. Ini adalah kesempatan yang paling oke untuk memperkenalkan dan ‘menjual’ diri kamu ke mereka. Be authentic, unique, and interesting, so they will click on your profile and at the end response your message!

Sebelum kamu memperkenalkan diri ke host family yang kamu suka, baca profil mereka baik – baik dan buat note kecil, apa yang kamu suka dari host family tersebut dan yakinkan mereka jika kamu bisa melakukan semua tugas/ekspektasi yang mereka butuhkan. Selain itu, jangan lupa untuk sapa nama mereka dan gunakan beberapa kata saapaan di bahasa mereka. Jadi, host family akan merasakan jika kamu benar – benar tertarik dengan mereka.

Goedemorgen Mischa,

My name is Arista and I am so interested to be your au pair because you have a very beautiful family and I will be so happy to have an opportunity to help you as an au pair. I saw you have a baby and I would like to tell you that I have experience to taking care baby since I used to help my mom taking care of my baby brother. I believe that Au pair will give me a lot of opportunity to learn new language, cultures as well as improving my English since I would like to pursue a master’s degree after that. Please feel free to check my profile and I am looking forward to hearing from you soon.

Dankjewel en fijne dag,

Arista

Jangan sedih jika kalian merasa pencarian host family memakan waktu yang sangat lama. Seperti yang aku sering katakan bahwa mencari host family itu seperti mencari jodoh. Kalau memang kamu ditakdirkan untuk ke Eropa sebagai Au Pair, kamu akan dipertemukan dengan the best host family ever! Tetap sabar dan berusaha ya. Nah, jika kalian sudah buat profil tapi gak yakin apakah profilmu udah oke atau enggak untuk menarik host family, kamu bisa message aku via Facebook atau Instagram sehingga aku bisa bantu lihat profil kamu. Good luck!

Leave a Reply

Close Menu